Kamis, 07 September 2017

Cara Mengetahui Kosmetik yang Sudah Tidak Layak Pakai

Related image

cara mengetahui masa kadaluarsa makeup - Untuk mendukung penampilan, pemakaian kosmetik yaitu salah satu yang paling penting. Namun tahukah Kamu, kalau masing-masing kosmetik yang kita pakai memiliki batas waktu untuk layak digunakan? Janganlah asal memakai kosmetik tanpa ada mengatahui masa kadaluarsanya, ya, Ladies. Karena memakai kosmetik yang telah tidak layak pakai juga akan menyebabkan tidak baik untuk kulit Kamu.

Beberapa problem yang muncul karena memakai kosmetik yang telah tidak layak gunakan misalnya iritasi kulit, gatal-gatal, menyebabkan munculnya flek hitam, jerawat, sampai pada kanker kulit. Hwuiiihh.., seram, ya. Oleh karenanya, cermat dahulu kosmetik yang Kamu pakai.

Baca juga: perawatan kecantikan wanita jaman dulu

Berikut ini beberapa tips simpel untuk ketahui kalau kosmetik telah tidak layak dipakai :

  1. Seperti makanan, kosmetik tunjukkan sinyal tanda fisik bila telah basi. Amati perubahan warna dan bau. Itu yaitu cara paling baik yang dapat Kamu aplikasikan untuk ketahui waktunya product itu ditukar. Hal semacam ini terlebih berlaku pada cat kuku dan cream. 
  2. Kosmetik dalam botol memiliki tingkat kerancuan yang tinggi apabila dibanding dengan kosmetik yang dikemas dalam wadah kedap udara atau pompa. Oleh karenanya, baiknya kosmetik tidak dipakai sekali lagi bila telah lama tidak dipakai, atau setelah paling lama setahun. 
  3. Maskara dan eye liner yaitu kosmetik yang sangat dekat dan bersentuhan dengan mata Kamu. Karenanya, baiknya Kamu lebih hati-hati dalam memerhatikan maskara dan eye liner yang Kamu pakai. Pakai product itu paling lama tiga bulan mulai sejak paket di buka. Sebab, tanpa ada pengawet, product hanya dapat disimpan paling lama setahun, bahkan juga bila product itu belum juga di buka. 
  4. Liquid kosmetik seperti lip gloss juga tidak dapat disimpan terlalu lama. Hal semacam ini juga berlaku pada concealer dan foundation. Baiknya janganlah pakai sekali lagi lip gloss Kamu setelah empat bulan. Sedang untuk concealer dan foundation, dapat Kamu pakai paling lama sampai enam bulan. 
  5. Kosmetik yang memiliki kandungan benzoil peroksida seperti pada gel jerawat, masa pakainya hanya tiga bulan setelah di buka. Bila lewat dari waktu tiga bulan, maka bahan itu tidak ampuh sekali lagi. Zat aktif yang terdapat telah tidak bisa bekerja dengan maksimum. Kosmetik yang memiliki kandungan bahan yang lain seperti vitamin C, anti-oksidan, asam glikolat dan retinois semakin lebih cepat rusak bila terserang cahaya matahari atau panas. 
  6. Untuk kosmetik yang berupa bubuk seperti blush on dan mineral foundation, masa kadaluarsanya lebih lama dibanding dengan kosmetik yang berupa liquid. Kamu dapat memakainya pada satu 1/2 sampai dua th.. 
  7. Pruduk kecantikan yang memiliki masa gunakan paling panjang yaitu minyak wangi. Kamu tetaplah dapat menaruh koleksi minyak wangi sampai delapan th., dan dapat lebih lama sekali lagi bila Kamu menyimpannya dalam lemari pendingin. 

Terkecuali ketahui batas pemakaian kosmetik, sebaiknya Kamu juga paham cara menaruh dan merawatnya, ya. Cara penyimpanan dan perawatan yang benar juga akan jadikan kosmetik Kamu tetaplah bersih dan tahan lama. Masa kadaluarsa yang tercantum pada paket kosmetik mungkin saja lebih singkat, bila Kamu tidak tekun merawatnya. Berikut ini tips simpel yang dapat Kamu aplikasikan sendiri :

  1. Pastikan kosmetik Kamu tertutup rapat dan disimpan jauh dari cahaya matahari, karena dapat mengakibatkan kerusakan kandungan dalam kosmetik dan membuatnya tidak tahan lama karena rusaknya bahan pengawet.
  2. Janganlah memakai kosmetik mata seperti maskara, eye liner, atau eye shadow ketika Kamu tengah alami sakit pada mata. Itu untuk hindari menebarnya bakteri pada kosmetik Kamu. Lagipula, itu hanya juga akan jadi parah kondisi mata Kamu yang tengah sakit. 
  3. Rajinlah membersihkan kuas dan spons yang Kamu pakai untuk menerapkan kosmetik. Ini penting untuk melindungi kosmetik Kamu tetaplah bersih. 

Nah, mudah-mudahan tips-nya berguna ya, Cantik! 🙂

0 komentar:

Posting Komentar