Sabtu, 29 Februari 2020

Perkembangan Sistem Informasi Manajemen

Dalam era globalisai saat ini Sisten Informasi Manajemen merupakan bagian yang tak terpisahkan dari suatu organisasi dimana system informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen. Apabila perusahaan membutuhkan program database, hubungi saja jasa pembuatan program database terdekat.


Dengan adanya sistem informasi maka suatu organisasi akan berusaha untuk lebih kompetitif dan efesien yang pada akhirnya menambah nilai untuk mendapatkan, mengubah dan mendistribusikan informasi dengan tujuan meningkatkan pengambilan keputusan, meningkatkan kinerja organisasi dalam mencapai tujuan organisasinya. Sebuah sistem informasi yang efektif menyediakan informasi yang akurat, tepat waktu dan relevan bagi penggunanya sehingga dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.

Dalam pengambilan keputusan, dalam operasional sehari-hari, maupun dalam perencanaan strategis ke masa depan. Proses pengambilan keputusan harus dilandasi oleh data dan informasi yang tepat waktu dan tepat isi agar keputusan yang diambil tepat sasaran. Informasi diperoleh dari pengolahan data, dan pengolahan data dilaksanakan oleh sistem informasi dengan dukungan teknologi informasi.

Data adalah bahan baku informasi dan dikumpulkan dalam suatu basis-data (database) agar pengumpulan, penyimpan,pemeliharaan, dan pengamanannya dapat dilaksanakan secara efektif dan efesien diperlukan manajemen data, sehinng suatu informasi tersebut dapat menjadi informasi yang tepat guna, tepat waktu, akurat dan relevan.

Sebagai contoh suatu institusi akademik harus membangun database akademik, minimal memuat data mahasiswa, data dosen, data mata kuliah, data ruangan, jadwal, sehingga dapat diperoleh informasi yang tepat tentang penyelenggaraan akademik institusi tersebut. Dengan demikian agar suatu database yang efektif dapat dibangun, diperlukan pengetahuan dasartentang database dan juga Sistem Manajemen Basis Data.

0 komentar:

Posting Komentar