Senin, 24 Februari 2020

Jenis Aplikasi Akuntansi Sesuai Cara Pembuatannya


Software akuntansi atau sistem akuntansi merupakan suatu perangkat lunak yang dirancang untuk profesional akuntansi yang digunakan untuk mengelola akun dan menyederhanakan operasional keuangan dalam suatu bisnis, perusahaan, atau organisasi. Sistem akuntansi yang sederhana pada umumnya berupa program entri tunggal sederhana yang digunakan untuk penyimpanan data individu. Sementara sistem akuntansi yang lebih canggih dapat digunakan untuk mengelola utang dan piutang, buku besar, faktur, gaji, dan lain sebagainya.  Hingga saat ini, sistem akuntansi merupakan perangkat lunak yang krusial bagi jenis bisnis apapun.Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan seseorang untuk mengelola keungannya dengan mudah menggunakan aplikasi, jasa pembuatan aplikasi akuntansi akan membuat sistem sesuai dengan kebutuhan Anda. Perangkat lunak ini akan memungkinkan pelacakan transaksi keuangan secara lebih terperinci. Selain itu, pembuatan berbagai laporan keuangan juga dapat dilakukan secara instan.



Sebelum ada aplikasi keuangan, tugas-tugas keuangan harus dilakukan secara manual hanya menggunakan jurnal transaksi besar. Pembuatan laporan tersebut dianggap tidak praktis, karena manajer akuntansi harus mengonsolidasikan entri secara manual. Kemudian aplikasi akuntansi atau keuangan dapat mengotomatiskan tugas-tugas tersebut. Dan dapat mengurangi biaya akuntansi, serta memungkinkan pengambilan keputusan finansial yang lebih baik melalui pelaporan secara realtime.

Ada banyak sekali jenis software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan-perusahaan. Software akuntansi dapat digunakan oleh orang yang mengerti akuntansi dan yang baru mengenal akuntansi. Ya hal ini karena sistem penggunaannya yang user friendly menjadikan software ini semakin banyak yang menggunakan. Apakah Anda tahu jenis-jenis software akuntansi yang sering digunakan? Berdasarkan cara pembuatannya, terdapat tiga jenis software akuntansi. Temukan penjelasan lengkap mengenai ketiga jenis software akuntansi tersebut di bawah ini.

Software Akuntansi Paket

Software akuntansi paket adalah software yang sudah terpaket. Maksudnya, software akuntansi yang Anda dapatkan tidak bisa di otak-atik lagi sendiri karena software tersebut sudah merupakan setting-an pabrik yang sudah dipatenkan. Kelebihan dari software ini adalah harganya yang relatif murah. Selain itu, karena sudah di-setting maka penggunaannya juga mudah. Sementara kelemahan dari software ini adalah user atau pengguna harus menyesuaikan kebutuhan dan kegiatan akuntansinya dengan setting-an software. Sehingga ada kalanya beberapa hal tidak dapat dikerjakan menggunakan software ini jika fitur yang dibutuhkan tidak tersedia. Penggunaannya yang mudah dan harganya yang murah membuat jenis software akuntansi ini sering digunakan oleh perusahaan dan pelaku UKM. Alasan lainnya yakni penggunaannya yang relatif stabil.

Software Akuntansi Customize


Berbeda dengan software akuntansi paket, software akuntansi customize ini seperti namanya yaitu bisa dimodifikasi. Artinya software ini dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Modifikasi dapat dilakukan setelah pembelian tetapi beberapa perusahaan juga ada yang menyediakan layanan modifikasinya pada saat membeli aplikasi tersebut di software house-nya. Adapun keuntungan software ini adalah dapat disesuaikan dengan kebutuhan keuangan Anda tanpa mengorbankan fitur lain yang tidak digunakan. Selain itu penggunaannya juga fleksibel. Namun, kelemahan dari software ini yakni harganya yang lebih mahal dari software paket. Risiko software customize juga lebih besar karena sifatnya yang fleksibel dan dapat dikembangkan sendiri. Selain itu,  harga jual penggunaan kedua (second) juga tidak ada jika pun ada sangat rendah.

Software Akuntansi Paket Custom

Selanjutnya, software akuntansi paket custom merupakan gabungan dari software paket dan customize. Software ini adalah software paket yang memiliki modul standar tetapi dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Misalnya, ada transaksi yang harus di-input tetapi di dalam software tersebut tidak tersedia fiturnya, maka Anda dapat memodifikasinya. Keuntungan menggunakan software ini yaitu harganya lebih terjangkau dibandingkan dari software customize. Stabilitasnya pun lebih baik dan terjaga daripada software customize. Keuntungan lainnya yakni fitur nya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan sehingga dapat digunakan secara cepat untuk bekerja.

0 komentar:

Posting Komentar